1. E-COMMERCE
Website E-Commerce atau Toko Online merupakan
website yang digunakan untuk menyediakan informasi mengenai suatu barang atau
jasa online. Kelebihan dari website ini yaitu pemilik website mempunyai cakupan
pasar yang luas, bahkan global. Website E-Commerce
memiliki fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline seperti
menampilkan produk, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi
online.
Website
E-Commerce lahir dari konsep iklan
baris, dimana melalui website ini member dapat menjual produk dan jasa mereka
tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh website e-commerce adalah sebagai
berikut :
Ø Zalora.com
Zalora Indonesia
merupakan toko online yang mengkhususkan diri pada kebutuhan fashion. Zalora
menawarkan beberapa produk dari beragam brand terkenal, baik produk lokal
maupun internasional. Zalora Indonesia didirikan pada tahun 2012 lalu yang
merupakan satu dari cabang situs belanja online terbesar Eropa bernama Zalando.
Nah, Zalando sendiri ternyata merupakan salah satu anak perusahaan dari Rocket
Internet yang juga merupakan perusahaan induk dari Lazada.
Ø Bhinneka.com
Bhinneka.com
adalah toko online yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT
atau teknologi. Sistem penjualannya sendiri didukung oleh toko offline Bhineka
yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta sehingga dapat dikunjungi
secara langsung oleh para konsumen yang tak memiliki akses terhadapa jaringan
internet Saat ini Bhineka.com sudah sangat berkembang dengan jumlah transksi
online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini diklaim hanya sekitar 2
persen dari total kunjungan online perharinya.
Ø Lazada.com
Lazada
sendiri adalah jaringan toko online yang bermuara pada perusahaan raksasa ritel
asal Jerman bernama Rocket Internet. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia,
Lazada pertama kali hadir pada tahun 2012 kemarin. Toko online yang dikenal
sebagai Amazon-nya Asia ini menyediakan berbagai jenis produk apapun. Mulai
dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk
kecantikan.
Ø Berniaga.com
Berniaga
merupakan situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual
beli online. Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search,
sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore
Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM).
Forum
jual beli ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan
iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan
lain-lainnya. Situs jual beli dan pasang iklan gratis berslogan “Jual beli
mudah di berniaga.com” ini sendiri berfungsi untuk menjembatani dan mempermudah
proses transaksi antara penjual dengan pembeli.
2. ALAT
PEMASARAN
Website ini menampilkan informasi produk atau jasa dari suatu perusahaan untuk menjaring minat konsumen.Sifatnya promosi, tampilannya simple tapi menarik. Situs ini tidak menyediakan penjualan online, tetapi pengunjung diberi informasi dimana bisa mendapatkan produk atau jasa yang dipromosikan. Website ini merupakan alat pendukung promosi, bukan sebagai alat promosi yang utama. Karena kehidupan kita tidak terlepas dengan dunia nyata. Maka kita juga masih membutuhkan media promosi offline seperti poster, stiker, banner dan lain-lain. Pengaksesan website ini hanya dibutuhkan koneksi internet, begitu mudah tapi kita tidak boleh beranggapan remeh. Menjadikan website sebagai media promosi bukan hanya sekedar memindahkan media promosi offline didalamnya, tapi kita juga harus memperhatikan hal-hal yang menunjang promosi tersebut, seperti penambahan informasi, artikel, foto-foto dan lain-lainnya.
Berikut adalah contoh
website sebagai alat pemasaran :
Ø olx.co.id
Ø Tokopedia.com
Ø Kaskus.com
Ø
Lazada.com
Ø
Berniaga.com
3. E – LEARNING
Sesuai
dengan namanya, E-Learning atau Digital Learning adalah proses pembelajaran
yang menggunakan perangkat digital sebagai sarana belajar mengajar. seiring
dengan perkembangan teknologi yang berlangsung sangat pesat, E-Learning menjadi
media pembelajaran tidak bisa dipandang sebelah mata. Materi yang ditawarkan
pun begitu beragam dengan jadwal belajar yang sangat fleksibel. Saat ini, mulai
banyak perusahaan yang menerima sertifikat dari lulusan online learning seperti
Google, Apple, Microsoft, Amazon, dan masih banyak lagi. Bahkan di beberapa
negara, gelar yang didapat dari lulusan online Learning sudah diakui, loh!
Tidak hanya tingkat SD, SMP, dan SMA, tapi juga S1, S2, dan S3. Berikut
contoh – contoh website yang digunakan untuk E-Learning :
Ø E-LEARNING BSI
Ø E-LEARNING UNIVERSITAS
PADJAJARAN
Ø E-LEARNING STIKOM BALI
Ø E-LEARNING UNIVERSITAS
WIDYATAMA
Ø E-LEARNING UNIKOM
4. NILAI TAMBAH
Website ini hanya digunakan sebagai
informasi tambahan. Biasanya memuat informasi umum tentang perusahaan atau
lembaga, terkadang dibiarkan tanpa updating berkala atau biasanya hanya
digunakan sebagai media promosi secara online, misalnya : trend perusahaan
modern, branding image, dll. Contoh website sebagai nilai tambah antara lain :
Ø pnm.co.id
Ø jamkrindo.com
Ø danareksa.com
5. E – NEWS
News Portal merupakan sebuah website yang khusus menyajikan
informasi berita kejadian, politik, opini dan sebagainya. Website news yang
sudah tidak asing bagi Anda contohnya adalah detik.com, liputan6.com,
viva.co.id dan lainnya. Portal berita dan informnasi adalah situs yang
memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga
berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain.
Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online.
Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita
dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detik, kompas, cosmopolitan dan
lain-lain.
Ø Detik.com
Ø Kompas.com
Ø Viva.co.id
Ø Tribunnews.com
Ø Kompasiana.com
6. KOMUNITAS
Pengertian situs komunitas (Community Sites) adalah tempat berkumpulnya orang-orang
yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan sebuah komunitas. Di situs ini, user dapat
saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk bersosialisasi.
Pengertian situs komunitas (Community Sites) adalah tempat berkumpulnya orang-orang
yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan sebuah komunitas. Di situs ini, user dapat
saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk bersosialisasi.
Ø Indogamers.com
Ø Ads.id
Ø Raja Forum Indonesia
Ø Kancut Keblenger
7. WEB PERSONAL
Website
jenis ini merupakan website milik individual atau kelompok kecil yang berisikan
informasi atau konten yang memang diinginkan oleh pemilik website. misalnya
saja website milik seorang selebriti besar yang dijalankan oleh humas atau
sebuah instansi. Misalnya seperti barackobama.com milik Presiden AS
Barack Obama, atau michellebuteau.com milik Michelle Buteau, seorang
aktris dan penulis. Dan berikut contoh-contoh website personal (pribadi) yang
dimiliki seseorang :
Ø Blog
Aditia Crisna
Ø Blog
Ahmad Kurniadi
Semoga
dengan adanya tulisan saya mengenai Contoh Web Berdasarkan
Tema dan Tujuan Pembuatanya, semoga dapat membantu
kamu menjawab soal dari dosen dan menjadi bahan referensi.
Sumber : - http://tekno.liputan6.com/read/672273/6-situs-e-commerce-yang mendominasi-pasar-online-indonesia
- https://www.priangga.web.id/2014/09/contoh-web-berdasarkan-tema-dan-tujuan.html
- https://kiblatwebsite.blogspot.com/search?q=source+code
- https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-website-fungsi
Disusun Oleh : Aditia Crisna