Home Top Ad

Tema dan Tujuan Pembuatan Website dibedakan menjadi 7 kategori

Share:
1. E-COMMERCE
Website E-Commerce atau Toko Online merupakan website yang digunakan untuk menyediakan informasi mengenai suatu barang atau jasa online. Kelebihan dari website ini yaitu pemilik website mempunyai cakupan pasar yang luas, bahkan global. Website E-Commerce memiliki fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline seperti menampilkan produk, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi online.
Website E-Commerce  lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui website ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh website e-commerce adalah sebagai berikut :

Ø Zalora.com


Zalora Indonesia merupakan toko online yang mengkhususkan diri pada kebutuhan fashion. Zalora menawarkan beberapa produk dari beragam brand terkenal, baik produk lokal maupun internasional. Zalora Indonesia didirikan pada tahun 2012 lalu yang merupakan satu dari cabang situs belanja online terbesar Eropa bernama Zalando. Nah, Zalando sendiri ternyata merupakan salah satu anak perusahaan dari Rocket Internet yang juga merupakan perusahaan induk dari Lazada.



Ø Bhinneka.com



Bhinneka.com adalah toko online yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Sistem penjualannya sendiri didukung oleh toko offline Bhineka yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta sehingga dapat dikunjungi secara langsung oleh para konsumen yang tak memiliki akses terhadapa jaringan internet Saat ini Bhineka.com sudah sangat berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini diklaim hanya sekitar 2 persen dari total kunjungan online perharinya.

Ø Lazada.com


Lazada sendiri adalah jaringan toko online yang bermuara pada perusahaan raksasa ritel asal Jerman bernama Rocket Internet. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Lazada pertama kali hadir pada tahun 2012 kemarin. Toko online yang dikenal sebagai Amazon-nya Asia ini menyediakan berbagai jenis produk apapun. Mulai dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk kecantikan.

Ø Berniaga.com


Berniaga merupakan situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli online. Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM).
Forum jual beli ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya. Situs jual beli dan pasang iklan gratis berslogan “Jual beli mudah di berniaga.com” ini sendiri berfungsi untuk menjembatani dan mempermudah proses transaksi antara penjual dengan pembeli.

2. ALAT PEMASARAN
Website ini menampilkan informasi produk atau jasa dari suatu perusahaan untuk menjaring minat konsumen.Sifatnya promosi, tampilannya simple tapi menarik. Situs ini tidak menyediakan penjualan online, tetapi pengunjung diberi informasi dimana bisa mendapatkan produk atau jasa yang dipromosikan. Website ini merupakan alat pendukung promosi, bukan sebagai alat promosi yang utama. Karena kehidupan kita tidak terlepas dengan dunia nyata. Maka kita juga masih membutuhkan media promosi offline seperti poster, stiker, banner dan lain-lain. Pengaksesan website ini hanya dibutuhkan koneksi internet, begitu mudah tapi kita tidak boleh beranggapan remeh. Menjadikan website sebagai media promosi bukan hanya sekedar memindahkan media promosi offline didalamnya, tapi kita juga harus memperhatikan hal-hal yang menunjang promosi tersebut, seperti penambahan informasi, artikel, foto-foto dan lain-lainnya.
Berikut adalah contoh website sebagai alat pemasaran :

Ø  olx.co.id


Ø  Tokopedia.com


Ø  Kaskus.com


Ø Lazada.com


Ø Berniaga.com


3. E – LEARNING
Sesuai dengan namanya, E-Learning atau Digital Learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan perangkat digital sebagai sarana belajar mengajar. seiring dengan perkembangan teknologi yang berlangsung sangat pesat, E-Learning menjadi media pembelajaran tidak bisa dipandang sebelah mata. Materi yang ditawarkan pun begitu beragam dengan jadwal belajar yang sangat fleksibel. Saat ini, mulai banyak perusahaan yang menerima sertifikat dari lulusan online learning seperti Google, Apple, Microsoft, Amazon, dan masih banyak lagi. Bahkan di beberapa negara, gelar yang didapat dari lulusan online Learning sudah diakui, loh!  Tidak hanya tingkat SD, SMP, dan SMA, tapi juga S1, S2, dan S3. Berikut contoh – contoh website yang digunakan untuk E-Learning : 

Ø E-LEARNING BSI


Ø E-LEARNING UNIVERSITAS PADJAJARAN



Ø E-LEARNING STIKOM BALI


Ø E-LEARNING UNIVERSITAS WIDYATAMA


Ø E-LEARNING UNIKOM


4. NILAI TAMBAH
Website ini hanya digunakan sebagai informasi tambahan. Biasanya memuat informasi umum tentang perusahaan atau lembaga, terkadang dibiarkan tanpa updating berkala atau biasanya hanya digunakan sebagai media promosi secara online, misalnya : trend perusahaan modern, branding image, dll. Contoh website sebagai nilai tambah antara lain :

Ø  pnm.co.id


Ø  jamkrindo.com


Ø  danareksa.com


5. E – NEWS
News Portal merupakan sebuah website yang khusus menyajikan informasi berita kejadian, politik, opini dan sebagainya. Website news yang sudah tidak asing bagi Anda contohnya adalah detik.com, liputan6.com, viva.co.id dan lainnya. Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detikkompascosmopolitan dan lain-lain.

Ø  Detik.com


Ø  Kompas.com


Ø  Viva.co.id


Ø  Tribunnews.com


Ø  Kompasiana.com

 

6. KOMUNITAS 
Pengertian situs komunitas (Community Sites) adalah tempat berkumpulnya orang-orang 
yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan sebuah komunitas. Di situs ini, user dapat 
saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk bersosialisasi.

Ø  Indogamers.com


Ø  Ads.id



Ø  Raja Forum Indonesia



Ø  Kancut Keblenger


7. WEB PERSONAL
Website jenis ini merupakan website milik individual atau kelompok kecil yang berisikan informasi atau konten yang memang diinginkan oleh pemilik website. misalnya saja website milik seorang selebriti besar yang dijalankan oleh humas atau sebuah instansi. Misalnya seperti barackobama.com milik Presiden AS Barack Obama, atau michellebuteau.com milik Michelle Buteau, seorang aktris dan penulis. Dan berikut contoh-contoh website personal (pribadi) yang dimiliki seseorang :

Ø  Blog Aditia Crisna


Ø  Blog Ahmad Kurniadi 



Semoga dengan adanya tulisan saya mengenai Contoh Web Berdasarkan Tema dan Tujuan Pembuatanya, semoga dapat membantu kamu menjawab soal dari dosen dan menjadi bahan referensi.
- https://www.priangga.web.id/2014/09/contoh-web-berdasarkan-tema-dan-tujuan.html
- https://kiblatwebsite.blogspot.com/search?q=source+code
- https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-website-fungsi

          Disusun Oleh : Aditia Crisna